Senin, 20 Juli 2020

"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak


Nama game ini adalah "TugBoat Simulator 3D". Game ini dirilis pada tanggal 13 Desember 2018. Diupdate terakhir kali pada tanggal 1 Oktober 2019.

Uniknya walau fitur animasinya masih terlihat sederhana, tapi fitur operasionalnya lumayan bagus. Tidak terlalu sulit. Dari pergerakan kapalnya saat berlayar nampak hampir sama seperti aslinya.

Jika Gan Sist berkenan untuk mencobanya, silahkan download lewat Google Play, dengan kata kunci Tugboat Simulator 3D. Untuk kapasitasnya tidak terlalu besar, kisaran di bawah 30 mb. Game juga bisa dimainkan secara offline Gan Sist.
{thread_title}


Untuk bagian kontrol di bagian bawah kanan sudut. Terdapat tanda < dan >, ini berfungsi untuk mengatur rotasi arah laju kapal. Dengan ukuran persentase di atas di antara tanda < dan >.
"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

Tanda < mengindikasikan rotasi arah laju kapal ke arah kanan dengan persentase angka warna hijau, maximum 100%.

Tanda > mengindikasikan rotasi arah laju kapal ke arah kiri dengan persentase angka warna merah, maximum 100%.

Dalam (persentase) angka nol, titik angka netral (antara tanda < dan > ) mengindikasikan bahwa arah kapal melaju lurus.
"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

Di bawah tanda < dan > ada tanda min (-) dan plus (+) yang berfungsi untuk pengaturan kecepatannya. Tanda min (-) untuk mengurangi kecepatan, sedang tanda plus (+) untuk menambah kecepatan.

Dalam (persentase) angka nol, titik angka netral antara tanda min (-) dan plus (+) mengindikasikan bahwa kapal tidak melaju, atau dalam keadaan diam.

di bawah nya ada dua tanda anak panah melingkar ke arah kanan dan ke arah kiri. Di antaranya ada gambar vektor baling-baling kapal yang bisa di putar ke arah kanan dan ke arah kiri sesuai tanda anak panah yang melingkar.

Kontrol tersebut seperti kemudi, bila baling-baling diputar ke arah kanan maka kapal dalam keadaan bergerak melaju akan berbelok ke arah kiri. Bila baling-baling di putar ke arah kiri maka kapal dalam keadaan bergerak melaju akan berbelok ke arah kanan.
"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

Untuk kamera (view) ada beberapa sudut pandang. Cara penggunaan kontrol kameranya dengan mengklik gambar icon kamera yang berada di pojok kanan atas.

1. Eksternal View
"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

2. Internal View
"TugBoat" Game Simulator 3D Kapal Minyak

3. Free View (eksternal-internal)
{thread_title}


Di bawah icon kamera ada icon stopwhact atau alat ukur kecepatan yang biasanya digunakan para pelatih olahraga lari.

Kontrol icon stopwhact dalam game ini penggunaannya berfungsi sebagai mengontrol itensitas kecepatan kapal dalam melaju.

Intensitas indikator kecepatan kapalnya terbagi menjadi tiga, yaitu dari intensitas kecepatan awalnya 1x, lalu 2x, dan 5x. Cara penggunaan kontrolnya dengan mengklik icon stopwhact tersebut.

Klik satu kali untuk intensitas kecepatan 2x lebih cepat, klik dua kali untuk intensitas kecepatan 5x, sedangkan klik icon yang ketiga kalinya maka untuk mengembalikan intensitas kecepatan kapal ke awal yaitu 1x.

Berikutnya tentang peta. Peta berfungsi sebagai penanda lokasi tujuan kapal harus di labuhkan. Fitur peta terletak di sebelah kiri bagian sudut bawah. Di dalam peta ada tanda min (-) yang menfokuskan gambaran lokasi kapal bertempat awal dan lokasi yang akan di tuju dalam peta pada wilayah yang lebih kecil.

Ada juga tanda (+) yang mengfokuskan gambaran lokasi kapal bertempat awal dan lokasi yang akan di tuju dalam peta pada wilayah yang lebih besar.

Dalam peta ada segitiga berwarna merah yang menandakan posisi dan pergerakan kapal. Lalu ada juga tanda hijau seperti bentuk balon yang menandakan lokasi yang harus di tuju oleh kapal sebagai tempat berlabuh. Dalam fitur permainannya, lokasi yang di tuju kapal sebagai tempat berlabuh tersebut berbentuk lingkaran, yang mana sebagai zona berlabuhnya/perhentian bagi kapal.

Berikutnya adalah jenis permainan. Permainan dalam game ini terbagi menjadi dua jenis.

1. Single Sail

Jenis permainan ini hanya fokus pada kapal saja. Dimana pemain/player hanya diharuskan melajukan kapal hingga sampai zona berlabuh yang di tandai dengan lingkaran hijau, untuk menyelesaikan permainannya.

2. Town

Jenis yang kedua ini ada penambahan beban barang bawaan dalam bentuk town atau menara kilang minyak. Fokus pemain adalah selain harus mengarahkan dan melajukan kapal dengan benar dan tepat, juga harus mampu memposisikan dengan pas/tepat menara kilang minyaknya, ketika sudah sampai di zona perhentian/lingkaran hijau.

Di permainan kedua ini juga pemain harus lebih fokua pada town/menara kilang minyaknya. Sebab yang harus masuk zona perhentian/berlabuh (lingkaran hijau) itu townnya, bukan kapalnya.

Tentunya akan lebih sulit dibanding hanya melajukan kapal saja Gan sist. Masing-masing permainan memiliki level tingkatan hingga 40, baik single sail ataupun town. jadi total levelnya ada 80.

Sama seperti permainan lainnya tentunya, makin naik level, maka permainan makin sulit dan menantang. Belum jika sudah di level tinggi, route kapal harus masuk kedalam pulau melewati selat/teluk yang lumayan menantang. Kalau salah masuk jalur, alih-alih dapat jalur (selat/teluk) sempit. Kewalan juga kalau sembari bawa town, Gan Sist. Bisa-bisa kapal nabrak dan akhirnya Fault.

{thread_title}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senua's Saga: Hellblade II Minimum Spec

  Semakin dekat dengan tanggal perilisan Senua’s Saga: Hellblade II, antusiasme  gamer  kian meluap. Sebagai salah satu game  first-party  M...