Rabu, 09 Desember 2020

6 Game Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Industri video game saat ini tak bisa dipungkiri dipengaruhi oleh sejarah di masa lalu. Contohnya ketika konsol Atari 2600 dirilis dan sukses, itu menjadi awal dimulainya indusrti dunia video game, walaupun Atari 2600 sendiri merupakan konsol generasi kedua tapi konsol ini adalah konsol game pertama yang sukses besar dan mendunia.
Dengan kata lain Atari 2600 adalah salah satu konsol game paling berpengaruh sepanjang masa. Lalu, bagaimana dengan video game paling berpengaruh? Game yang punya pengaruh yang besar tentunya juga telah memberikan impact yang besar bagi industri video game. Nah, berikut adalah beberapa judul video game paling berpengaruh sepanjang masa berdasarkan hasil analisis ane dan hasil searching sejarahnya di internet.


1. Tetris

Tetris adalah salah satu game terlaris di dunia. Game ini diciptakan oleh orang Rusia bernama Alexey Pajitnov pada 1984. Hampir semua orang yang pernah bermain game pasti pernah memainkan game puzzle ini. Saat ini salah satu pemegang lisensi resmi atas Tetris adalah Nintendo sebagai publisher. Game ini berpengaruh karena gameplaynya yang tidak akan ada habisnya alias endless.

Karena gameplaynya yang sederhana, Tetris mudah untuk dimainkan sekaligus adiktif bagi sebagian orang.


2. Pac Man

Pac Man bukan hanya disebut sebagai game klasik tapi juga sudah menjadi ikon bagi industri game itu sendiri. Pac Man dirilis pertama kali pada 1980 sebagai game arcade dan menjadi salah satu tonggak sejarah terpenting dalam dunia video game.

Pac Man dikembangkan oleh Namco dan sangat populer di era 1980an. Pengaruhnya jelas sangat besar di mana memicu developer lain di angkatan awal industri video game untuk membuat game lainnya dan menghidupkan industri ini.

3.Pong

Jika agan mengira jika Pac Man adalah game berpengaruh dengan usia tertua maka agan keliru. Karena ada game klasik lain yang lebih tua yaitu Pong yang dirilis pada 1972 oleh Atari melalui mesin Arcade dan dioperasikan dengan koin.

Grafik masih sangat sederhana, hanya berupa titik-titik saja. Tapi perlu diingat jika di tahun tersebut orang-orang baru tahu apa itu namanya video game alias angkatan pertama.


Quote:
4. Super Mario Bros

Perlu diketahui jika Super Mario Bros yang ada di NES bukanlah game pertama yang menampilkan sosok Mario. Karena si tukang ledeng itu sudah muncul dalam game Donkey Kong tahun 1981. Tapi lewat Super Mario Bros lah karakter ikonik ini dikenal dunia.

Super Mario Bros dirilis tahun 1985 dan sejak saat itu menjadi karakter dunia video game paling ikonik di dunia. Game ini begitu berpengaruh karena menjadi game platformer pertama yang paling terkenal.

5. Metal Gear Solid

Sebuah masterpiece hasil rancangan si jenius Hideo Kojima. Saat pertama kali dirilis untuk konsol Playstation, Metal Gear Solid mampu melakukan inovasi lewat gameplay dan kontrolnya. Kala itu banyak game PS1 (termasuk Resident Evil) yang perspektif kontrolnya menurut karakter di layar dan menyusahkan pemain, MGS muncul lewat mekanisme kontrol berdasarkan perspektif pemain, bukan karakter dalam game. Ini menjadikan permainan menjadi lebih enak untuk dimainkan.

Namun yang menjadi sorotan dari game ini adalah genre stealth yang saat itu MGS yang menjadi pionirnya.


6. Grand Thef Auto III

Ane termasuk orang yang sependapat jika GTA: San Andreas adalah seri GTA terbaik sepanjang masa. Tapi kita juga harus sepakat jika GTA III tak pernah ada mungkin San Andreas juga tidak akan pernah ada.

GTA III jelas berpengaruh besar pada dunia game. Seri ini menjadi seri yang pertama dengan grafik 3D. Rockstar selaku developer mendobrak kebiasaan dan berinovasi. Di mana dalam sebuah game pemain bebas melakukan apapun tanpa harus selalu mengikuti misi. Sebelum GTA III, game open world memang sudah ada. Tapi game inilah yang memperkenalkan real open world dan kemudian konsep ini ditiru oleh game lainnnya.


Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hist...of_video_games

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pokemon Paling Tangguh dalam Game Pokemon Unite

  1. Umbreon Memiliki pokemon yang tangguh tentu akan sangat membantu. Seperti pokemon dengan nama Umbreon yang merupakan tank dengan kemamp...