Jumat, 05 Juli 2024

Game Online RPG dengan Kustomisasi Karakter Terbaik

 Hadirnya begitu banyak game gacha mungkin mulai membuat sebagian gamer bosan. Pasalnya, format yang dihadirkan selalu sama, para pemain diharuskan untuk mendapatkan karakter idaman melalui sistem acak.

Terkadang, para gamer menginginkan sebuah game online dengan fitur character creator, atau yang mudahnya dikenal dengan “ciptakan karakter idaman kalian sendiri”.

Di pasar saat ini, sudah ada beberapa game seperti itu yang bisa kalian nikmati. Namun, tidak mudah untuk mencari mana yang terbaik untuk dimainkan.

Untuk itu, penulis sudah mempersiapkan beberapa rekomendasi game online RPG dengan fitur kustomisasi karakter yang cukup detail.

1. Phantasy Star Online 2 New Genesis

1. pso2ngs game online kustomisasi karakter
Credit: Zhakiav (https://twitter.com/ZhakiavBora)

Download: Phantasy Star Online 2 New Genesis

Dari sekedar menciptakan persona kalian sendiri, mereplikasi karakter dari anime populer, ataupun menjadi sebuah kendaraan, PSO2 adalah game yang kalian cari.

Mungkin, bisa dibilang bahwa kustomisasi karakter pada game ini terasa sangat ekstrim.

Para gamer kreatif mampu menghasilkan sebuah karakter game ataupun anime dengan sangat detail.

Berita baiknya, kalian bisa mendapatkan semua kostum, rambut, dan lain sebagainya tanpa harus membayar menggunakan uang asli!

2. Final Fantasy XIV

2. ffxiv
Credit: Zhakiav (https://twitter.com/ZhakiavBora)

Download: Final Fantasy XIV

Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa sebuah game dengan sistem character creator yang standar bisa masuk daftar ini. Well, hear me out.

Salah satu hal yang FFXIV berhasil eksekusi dengan tepat adalah sistem glamor yang diimplementasikan.

Dengan pakaian yang dipecah kedalam beberapa bagian, seperti baju, celana, hingga sepatu, kombinasi kostum yang bisa didapat terasa begitu luas!

Opsi yang ditawarkan pun terasa begitu luas saat kalian menyadari equip bawaan level 1 kalian juga bisa digunakan sebagai kostum!

3. Black Desert Online

3. black desert game online kustomisasi karakter
Sumber: Black Desert foundry

Download: Black Desert

Jika kita berbicara MMORPG Korea dengan kustomisasi wajah paling detail, jawabannya sudah pasti Black Desert Online atau BDO.

Game ini berhasil menjadi sebuah role model untuk game-game online yang datang setelahnya.

Sayangnya, dengan satu kelebihan yang ada, BDO juga datang dengan beberapa kelemahan.

Sistem class yang ditawarkan bisa dianggap sebagai “gender locked”, yang berarti kelas tertentu hanya memiliki satu gender saja. Selain itu, opsi kustomisasi badan juga terasa terbatas.

4. Revelation: Infinite Journey

4. revelation

Download: Revelation Mobile

Game mobile juga tentu tidak ketinggalan! Sempat hadir dengan iklan yang terlalu optimis, Revelation nyatanya bukanlah game yang buruk.

Revelation memiliki sistem kustomisasi yang cukup detail, yang tampak terinspirasi dari game seperti BDO.

Namun, game ini juga memiliki kelemahan yang cukup mirip, terlebih dengan hanya dua dari tiga opsi gender yang ditawarkan untuk setiap job.

Nah, dari keempat game ini, mana yang ingin kalian coba? Atau mungkin kalian sudah memainkan semuanya?

Sebenarnya, ada begitu banyak game online dengan sistem kustomisasi seperti ini, namun penulis tidak bisa mengisi semuanya.

Ada juga game seperti Tower of Fantasy yang sayangnya hadir dengan sistem gacha. Selain itu, ada Blue Protocol dengan estetika anime yang memiliki sistem kostum layaknya FFXIV.

Pada akhirnya, pilihan game jatuh pada kalian, para pembaca. Penulis hanya bisa merekomendasikan beberapa. Apa kalian memiliki rekomendasi yang jauh lebih baik?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar