Selasa, 11 Juni 2024

Daftar Game Simulasi Android dengan Nuansa Indonesia

 Daftar Game Simulasi Android dengan Nuansa Indonesia

Perangkat Android jadi salah satu platform yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan, Android jadi tempat ideal untuk para developer indie merilis game buatan sendiri.

Bahkan, beberapa developer lokal juga sudah merilis game unik dan berkualitas pada platform Android. Salah satunya adalah game genre simulasi Android.

Berbagai game simulasi Android yang memakai nuansa Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Citampi Stories : Cinta & Hidup

Citampi Stories: Cinta & Hidup (2019) bisa dikatakan sebagai game life-simulation dengan kearifan lokal. Jika kamu pernah main Harvest Moon atau Stardew Valley, maka tidak akan asing dengan gameplaynya.

Kisahnya adalah tentang seorang pemuda yang harus merantau ke kota demi melunasi hutang keluarga. Dalam game ini, kamu akan mengadu nasib di kota fiksional, Citampi.

Kamu mencari pekerjaan, mengumpulkan uang, dan membangun keluargamu sendiri. Citampi Stories: Cinta & Hidup ini mengusung grafis retro piksel.

Dari kisah dan grafisnya, game ini sangat unik dan ramah untuk low-end device.

2. Ojol The Game

Ojek online atau biasa disingkat ojol merupakan sarana transportasi yang mulai booming di Indonesia beberapa tahun terakhir. Harga yang relatif terjangkau dan kemudahan pemesanan membuat ojol sering jadi pilihan utama untuk bepergian.

Developer indie bernama CodeXplore memberikan kesempatan untuk menjajal rasanya jadi seorang ojol. Hal itu tercurahkan dengan game Ojol the Game (2021).

Meski grafisnya masih kurang maksimal, game simulasi jadi ojek online ini sudah cukup imersif. Ia adiktif, bahkan jadi peringkat pertama game simulasi gratis di Google Play Store.

Game ini wajib pemain coba. Selain untuk menjajal gameplay, mengunduh game ini juga jadi upaya mendukung developer indie lokal untuk berkembang.

3. Tahu bulat Edisi Ramadhan

Tahu bulat merupakan jajanan yang cukup populer di Indonesia. Ia biasanya dijual keliling dengan mobil pick-up disertai jingle khas.

Game Tahu Bulat ini sudah sangat populer di Android. Kali ini, ia hadir dengan patch terbaru, yakni Tahu Bulat Edisi Ramadhan (2016).

Edisi terbaru ini menambahkan visual dengan vibes Ramadan dan gameplay lain. Dalam game Tahu Bulat Edisi Ramadhan ini, kamu menjadi penjual tahu bulat keliling dan makanan khas Ramadan, seperti kolak dan cendol.

Game ini cukup ringan dimainkan sehingga tidak perlu khawatir untuk spesifikasi perangkatnya.

4. Nasi Goreng 3D

Nasi goreng merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia. Bahkan, jadi salah satu ciri khas yang diingat oleh turis mancanegara yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Simulator Nasi Goreng 3D (2022) adalah game simulasi manajemen. Kamu berperan jadi abang penjual nasi goreng pinggir jalan.

Kamu harus memasak, belanja ke pasar, dan melayani pelanggan. Gameplay-nya bisa dikatakan smooth dengan visual 3D yang sudah cukup baik.

Apa kamu tertarik mencoba berjualan nasi goreng? Game ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

5. Mobil JNE Simulator

Terakhir, ada game simulasi bernama Mobile JNE Simulator. Berkembangnya bisnis e-commerce membuat agen ekspedisi makin ramai digunakan.

Game Mobil JNE Simulator (2023) adalah sebuah simulasi kurir dari salah satu perusahaan ekspedisi legendaris dari Indonesia, yakni JNE. Gameplay dari game ini juga cukup simpel, kamu hanya perlu mengantar paket dengan mobil JNE ke berbagai wilayah.

Meskipun terdengar repetitif, game ini cukup adiktif dimainkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar