Kali ini saya akan mencoba untuk sharing hasil experiment menggunakan 2 clas (sinX dual dagger dan Knight ASPD crit), untuk menjawab beberapa pertanyaan yang pernah diajukan. Semoga bermanfaat, dan silakan dikoreksi jika keliru. Experiment kali ini untuk menjawab;
- Apakah build P.Penetration dan P.Damage Bonus menambah damage critikal?
- Apakah build P.Penetration dan P.Damage Bonus menambah damage skill?
Untuk memudahkan perhitungan, saya tidak gonta ganti gear, saya hanya menggunakan battle buff (makanan); sweet shrimp (menambah P.dmg bonus +60) dan fresh snake meat I (menambah P.Pen +60). Lawan tandingnya adalah samsak di training ground.
---
Untuk menjawab pertanyaan pertama, saya menggunakan Knight.
Berikut adalah catatan damage output yang dihasilkan TANPA menggunakan skill buff Magnum Break.
- Normal attk = 1.638; Bonus dari skill deathblow = 1.061
- Normal attk critikal = 3.154; Bonus dari skill deathblow = 1.986
Menggunakan battle buff P.Pen +60
- Normal attk = 1.699; Bonus dari skill deathblow = 1.098
- Normal attk critikal = 3.154; Bonus dari skill deathblow = 1.986
Menggunakan battle buff P.Pen +60 & P.Dmg Bonus +60
- Normal attk = 1.759; Bonus dari skill deathblow = 1.158
- Normal attk critikal = 3.214; Bonus dari skill deathblow = 2.046
---
Catatan:
Berdasarkan hasil di atas di ketahui bahwa buff P.Pen tidak memberikan penambahan terhadap damage critikal. Angkanya sama antara sebelum menggunakan battle buff P.Pen dengan sesudahnya yaitu 3.154.
Berbeda ketika menggunakan P.Dmg Bonus, ada penambahan flat sesuai dengan damage bonus buff, yaitu 60. Dari sebelumnya 3.154 menjadi 3.214.
Menggunakan buff Magnum Break (lvl 10) akan menghasilkan output damage berbeda.
---
Untuk menjawab pertanyaan kedua, saya menggunakan sinX dual dagger.
Berikut adalah catatan damage output yang dihasilkan:
- Ambush = 13.394
- Slash = 22.736
- Venom Dust (stack x4) = 4.545
- Venom Knife = 6.371 x 2
- Meteor = 5.004
Menggunakan battle buff P.Pen +60
- Ambush = 13.745
- Slash = 23.349
- Venom Dust (stack x4) = 4.649
- Venom Knife = 6.525 x 2
- Meteor = 5.120
Menggunakan battle buff P.Pen +60 & P.Dmg Bonus +60
- Ambush = 13.805
- Slash = 23.409
- Venom Dust (stack x4) = 4.709
- Venom Knife = 6.585 x 2
- Meteor = 5.181
---
Catatan....
Untuk type skill, P.Pen + 60 memberikan tambahan yang cukup signifikan, bayangkan jika P.Pen-nya +500 ke atas.
Sementara untuk P.Damage Bonus tetap memberikan tambahan flat sesuai dengan angka buff-nya (+60) tanpa mendapatkan pengurangan/penambahan.
---
Kesimpulan;
- Untuk kamu yang bermain critikal, P.Pen bisa diabaikan karena tidak menambah output damage crit yang dihasilkan, tetapi tetap menambah damage normal/skill yang tidak triger critikal.
- Untuk kamu type spam skill, P.Pen sangat dibutuhkan. Bahkan untuk wooden dummy yang katanya no deff stat saja tetap memberikan tambahan yang lumayan, walau tercatat di buffnya hanya +60, tapi peningkatan damagenya bisa lebih dari 5x lipat penambahan stat buff-nya, bahkan lebih karena diberikan dalam bentuk persentase. P.Pen awal 61 = 8,6%. Ketika ditambah 60 = 121 = 13,07%.
- P.Damage Bonus, apa pun type build-mu (auto attack + ASPD + Crit atau spam skill) tetap dibutuhkan, hanya saja penambahannya flat. Jika kamu hanya memiliki +60 P.Damage Bonus, maka hanya ditambahkan 60 saja. Stat ini berpotensi besar jika kamu bisa up secara maksimal. Misal, jika kamu punya +10.000 P.Damage Bonus maka akan masuk damagenya dengan nilai yang sama. Resikonya ketika kamu fokus di stat ini, maka kamu harus mengorbankan yang lain, termasuk P.Atk/M.Atk kamu akan terbaca rendah, rawan di kick dari auto match instance dungeon. Enaknya, ketika kamu colek lawanmu (pve/pvp), walau P.atk/M.Atk-mu rendah, terus kena reduce deff lawan, tetap bisa menghasilkan damage maksimal sesuai dengan stat P.Damage Bonusmu. Apalagi jika type skill mu memiliki rentetan damage dalam 1 kali eksekusi, misalnya sonic blow/Meteor assault. Lebih maknyuss tentunya.
---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar